Senin, 12 Maret 2012

JADILAH PENGKHOTBAH PROFESIONAL

PERSIAPAN MENJADI PENGKHOTBAH PROFESIONAL
Penyampaian Firman Tuhan adalah sebuah berita yang sangat penting yang dirindukan oleh setiap orang percaya di sepanjang sejarah Gereja. Orang percaya di seluruh dunia selalu berbondong-bondong mengikuti ibadah di Gereja hanya untuk mendengar Firman Tuhan. Jiwa yang lapar dan haus selalu disegarkan setelah menerima kebenaran Firman Tuhan melalui mimbar-mimbar Gereja. Bukan saja pada had Minggu, tetapi hampir pada setiap akitivitas pelayanan di sepanjang minggu selalu ada porsi untuk pemberitaan Rrman Tuhan. Mulai dari anak-anak, remaja, pemuda, kaum dewasa sampai lanjut usia selalu rindu mendengar Firman Tuhan.
Kebutuhan orang percaya yang haus akan Rrman Tuhan sering mengalami hambatan, yaitu tidak adannya pemberita Firman yang menyampaikan Firman dengan jelas dan penuh urapan sehingga banyak pendengar yang pulang tanpa memperoleh sesuatu yang bermakna dalam kehidupan. Sepertinya Firman Tuhan tidak sanggup menjawab kebutuhan pendengar. Karena itu tuntutan bagi para pemberita/pengkhotbah masa kini adalah tidak cukup memiliki pengetahuan dibidang teologi tetapi juga harus memiliki kemampuan tentang bagaimana cara memberitakan Firman Tuhan dengan cara yang mudah dipahami dan dapat diterima oleh semua pendengar yang sedang mendengarkan FirmanTuhan.
Karena itu setelah mengajar bertahun-tahun di Sekolah Tinggi Teologia, maka timbul beban di hati penulis untuk melengkapi bukan hanya bagi calon-calon hamba-hamba Tuhan yang sedang belajar di sekolah Teologia, tetapi juga bagi siapa saja yang rindu untuk dipakai Tuhan dalam pemberitaan Firman Tuhan. Sekalipun sudah banyak buku di toko-toko buku atau di perpustakaan yang berbicara tentang bagaimana cara memberitakan Firman Tuhan, namun melalui pelajaran yang sederhana ini akan melengkapi setiap orang yang terpanggil dalam pemberitaan Firman.
Materi-materi yang akan disajikan akan sangat bermanfaat baik bagi pemula maupun yang telah lama melayani pemberitaan Firman Tuhan karena materi-materi yang ada lebih bersifat praktis tetapi juga sistematis. Dalam beberapa kesempatan telah diadakan petatihan baik bagi mahasiswa teologia, hamba-hamba Tuhan maupun bagi Pengurus/Majelis Gereja, pada umumnya berpendapat bahwa materi ini adalah materi yang praktis namun banyak manfaatnya. Selamat membaca dan mempraktekannya. Semua kritik, saran yang membangun demi penyempurnaan materi ini, penulis dengan senang hati rela menerimanya. Segala kemuliaan dan hormat hanya bagi NamaNYa
 Tugas melayani pemberitaan Firman Allah adalah suatu panggilan yang sangat mulia karena ketika seseorang berdiri dan berbicara mewakili Allah maka dapat dikatakan bahwa orang itu sungguh adalah orang yang istimewa. Karena tidalk semua orang boleh tampil sebagai juru bicara Allah dalam menyampaikan berita yang sangat penting yang berkaitan dengan seluruh aspek kehidupan manusia. Atas dasar pemahaman inilah maka siapapun yang terlibat dalam pemberitaan Firman;baik yang disebut Pendeta, Penginjil, Majelis/pengurus Gereja, anggota Jemaat adalah orang-orang spesial yang siap dipakai dan diurapi Tuhan demi tugas yang mulia ini.
        Agar seseorang dapat tampil dengan percaya diri tanpa keraguan maka penulis akan membahas secara praktis tiga jenis khotbah yang secara umum telah di kenal yaitu khotbah Topikal, khotbah Tekstusl dan Khotbah Ekspositori. Dalam pembahasan Khotbah Ekspositori akan menampilkan tiga sistim dalam membentuk sebuah garis besar khotbah yaitu sistim Tema Nats (STN), Sistim Kebenaran Kekal (SKK) dan Sistim Oknum-oknum (SOO). Dengan mempelajari tiga bentuk khotbah maka setiap pengkhotbah dapal memilih salah satu diantaranya dalam penyusunan struktur khotbah.Seorang pengkhotbah harus dapat memahami tujuan dalam berkhotbah sehingga seluruh khotbah yang disampaikan terdengar sistematis, komunikatif dan yang paling penting adalah mengubah kehidupan para pendengar melalui karya kuasa Ror Kudus. Kita tidak boteh meremehkan penyampaian Firman Tuhan, Sebab firman Allah hidup dan kuat dan tebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ie menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita (Ibrani 4:12). apakah anda siap untuk memulainya? Silahkan hubungi:

Pdt. Salmon Pah, STh, M.Div. di 081331809031.atau melalui Email : "salmonpah@yahoo.com.sg"
Gernbala Sidang GKIN Torsina Surabaya 
Dosen Teologia Pratika Sekotah Tinggi Alkitab Nusantara Malang 
Dosen Filsafat Agama, Etika, Etika Profesi di Universitas Kristen Petra Surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar